Selasa, 18 Oktober 2011

SINKOPE ( PINGSAN )



Ini bersifat sementara dan dapat dipulihkan seluruhnya, walaupun kea­daannya agak parah (seperti yang ter­jadi pada serangan jantung). Penyebab­nya ialah turunnya tiba-tiba output jan­tung sehingga untuk seketika otak kekurangan darah dan oksigen sehing­ga otak itu tidak dapat bekerja dengan baik.



Keadaan pingsan sederhana (yang disebut vasovagal syncope) biasa ter­jadi. Biasanya orang tersebut berdiri tegak. la merasa pusing, pucat, berke­ringat, bernafas cepat, lalu tiba-tiba pingsan. Jika tidak ditolong maka akan jatuh.
Pingsan sering terjadi di daerah panas, karena kurang ventilasi, pada saat-saat kesehatan menurun, atau pada saat-saat barn sembuh. Faktor psikologis berperan besar, dan kaget, kekhawatiran, kecemasan dan melihat darah, luka, orang yang menderita, mendapat suntikan dan sebagainya, adalah faktor-faktor yang biasa. Banyak orang yang mudah pingsan menunjuk­kan tanda-tanda psikoneurosis yang lain. Hal itu biasa juga terjadi pada waktu hamil dan karena rahim mende­sak pembuluh darah batik ke jantung.
Perawatan
Perawatan sederhana biasanya su­dah memadai. Kadang-kadang berba­ring saja sudah cukup, karena darah dengan sendirinya akan kembali ke otak.

Pertolongan pertama yang sederhana
* Tidurkanlah penderita itu dengan kepalanya lebih rendah, dan mengang­kat anggota tubuh bagian bawah.
* Suruh dia bernafas panjang, kalau masih siuman.
*  Longgarkan pakaiannya di sekitar leher dan pinggangnya (contohnya dasi, ikat pinggang, pakaian dalam yang ketat, dan sebagainya).
*  Berikan banyak udara segar. Buka jendela dan pintu lebar-lebar. Larang orang-orang berkerumun sekelilingnya (biasanya terjadi di luar rumah, orang­orang ingin mengetahui kejadiannya).
Jika dia duduk dan tidak dapat ber­baring, tolonglah dia menundukkan kepalanya di antara kedua lututnya. Hal ini akan menolong darahnya mengalir ke pusat cerebral dan is akan kembali siuman.
*  Yakinkanlah dia dan ucapkan kata­-kata yang positif. Sekali-kali jangan beri kesan kekhawatiran, atau menceritakan perihal sesuatu kejadian dengan nada yang meragukan, tetapi berikan selalu pendekatan positif dan yang dapat menolongnya.

Kadang-kadang penyebab sinkope itu lain dan dapat menimbulkan kea­daan yang lebih parah. Dalam hal seper­ti itu gejala-gejalanya biasanya tidak ada. Serangan datang dengan men­dadak tanpa amaran. Biasanya ada ke­jutan, hilangnya kesadaran agak lama, dan mungkin kejang. Serangan jantung, berbagai kelainan jantung dan penyakit klep jantung dapat menimbulkan ini. Perawatan harus didahului pemeriksaan lengkap supaya tahu sebabnya, dan ini adalah wewenang dokter dan rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar