Kamis, 13 Oktober 2011

MERAWAT TEKANAN DARAH TINGGI


Tekanan darah yang semakin tinggi yang disebut hypertension, sudah sangat umum. Para penderita pada umumnya tidak menyadari bahwa mereka menderita tekanan darah tinggi. Tetapi bila dibiarkan tanpa perawatan maka itu akan menim­bulkan kerumitan yang membahayakan. Orang yang berusia lima puluhan adalah "masa usia penuh resiko ". Tetapi bisa juga terjadi keadaan yang lebih gawat pada usia yang lebih muda. Pengobatan serta perawatan untuk tekanan darah tinggi belum pernah sebaik sekarang ini. Pengobatan modem sudah mampu membawa hasil yang baik sekali (yaitu terlepas dari musibah) bagi banyak orang.

  

Tekanan darah tinggi adalah satu masalah yang umum, karena banyak orang yang menderitanya, walaupun mereka tidak mengetahuinya sama sekali.
Masalah yang dihadapi pada diagno­sa yang agak dini ialah sering gejala­-gejalanya itu tidak nyata pada umum­nya. Kelihatannya mengherankan tetapi, memang demikianlah kenyataannya, dan hal ini telah ditemukan di berbagai .negara Barat. Di Australia agak tinggi persentasi penderita tekanan darah tinggi. Sekalipun ada 10% yang menderita tekanan darah tinggi dari an­tara kelompok usia limapuluh sampai limapuluh sembilan tahun, hal itu tidak ditemukan sebelumnya. Tekanan darah mereka adalah di atas 110 diastolik.
Ini menunjukkan bahwa sesuatu penyakit yang parah boleh saja tidak diketahui di tengah-tengah suatu masyarakat, dapat pula melumpuhkan kesehatan, dan menimbulkan kekacau­an yang berat, tetapi si penderita tetap tidak mengetahuinya sama sekali mengenai apa yang terjadi. Sering su­dah terlambat dan berkomplikasi baru­lah diketahui penyebab utamanya.
Itulah sebabnya sekarang orang mengetahui bahwa tekanan darah tinggi itu adalah satu penyakit yang mem­punyai bermacam-macam tingkat, se­dangkan keadaan yang parah memerlukan pengetahuan yang agak dini supaya segera mendapat perhatian dan perawatan.
Sudah ditemukan cukup bukti yang menyatakan bahwa perawatan yang tepat akan menurunkan jumlah kema­tian dan hal-hal yang mengerikan akibat stroke, penyakit jantung dan ginjal.
Tekanan darah tinggi biasanya disebut hypertension. Jenis yang paling umum disebut "essential''. Artinya bahwa tidak ada penyebab yang nyata kelihatan. Sebabnya tidak diketahui.
Ada beberapa segi yang perlu diperhatikan. Sudah jeias bahwa tekanan darah tinggi turut daipengaruhi oleh faktor keturunan. Bilamana orangtua berpenyakit tekanan darah tinggi, kemungkinan besar keturunan­nya akan mengalami bahaya yang sama.
Pada umumnya penyakit ini ketahu­an pada usia empat sampai limapulu­han. Kelihatannya lebih sering terjadi pada kaum wanita, yang berlawanan dengan masalah jantung, yang pada umumnya dialami oleh kaum pria. Namun, keadaannya lebih berat kom­plikasinya bagi kaum pria. Kelihatannya ada juga faktor kebangsaan, karena orang Cina dan Negro yang tinggal di desa-desa jarang mengalaminya. Akan tetapi apabila dipindahkan ke daerah bertipe Barat, kondisi mereka ini akan lebih berat dari temannya di masyarakat itu.

Ada variasi yang menyolok perihal tekanan darah tinggi di dalam siklus sehari-hari. Apabila seseorang meng­hadapi stress, kecemasan dan tekanan psikologis, maka tekanan darahnya akan naik untuk seketika. Biasanya ini hanya sebentar, dan bilamana faktor penyebabnya itu tidak ada lagi, maka tekanan tinggi tersebut akan reda. Akan tetapi, apabila penyakit ini makin parah, variasi tersebutpun akan tetap begitu.
Kegemukan adalah juga satu faktor penyebab yang lain, demikian juga kekurangan berat badan dapat memper­buruk keadaan orang yang mengalami tekanan darah tinggi.
Tekanan darah tinggi sangat perlu diketahui karena pengaruhnya terhadap pembuluh-pembuluh darah jantung. Apabila terjadi tekanan tinggi terus­menerus pada pembuluh darah, jantung terpaksa bekerja keras untuk mengim­banginya. Pada mulanya jantung itu tidak perlu bekerja keras. Akan tetapi karena desakan yang terus-menerus maka lambat laun jantung itupun menderita.
Bilik kiri ventridae yang memom­pakan darah ke aorta menjadi lemah karena ketegangan yang terus-menerus ini. la membengkak, dan apabila berke­lanjutan, itu akan menjadi lemah dan pekerjaannya kurang mantap. Apabila hal ini terus terjadi .maka jantung tidak akan sanggup mengirimkan darah yang diperlukan ke seluruh tubuh.
Lambat laun terjadilah apa yang disebut kegagalan jantung yang ditan­dai oleh berbagai gejala. Kemudian me­nyusul sesak nafas, pada mulanya terasa pada malam hari bilamana orang sedang berbaring, dan kemudian pada sembarang waktu. Ujung-ujung anggota badan membengkak (disebut oedema), dan kemungkinan pada jantung terasa sakit.
Komplikasi
Komplikasi penting lain tekanan darah tinggi ialah perkembangan lambat lawan penyakit dinding pembuluh arteri. Pada umumnya, ini terjadi karena stress. Yang khusus terpengaruh adalah arteri-arteri otot jantung, aorta, pembuluh darah otak, pembuluh darah retina, organ yang peka di balik mata.
Atheroma (suatu endapan lemak pada dinding lapisan arteria) dan kemu­dian atherosdaerosis (arteriosdaerosis) berkembang. Dinding-dinding pembuluh darah itu mengalami pengapuran dan tidak elastis. Keadaan ini sangat berat, seperti yang berulang kali disebutkan sebelumnya. Setelah hat ini terjadi, maka akan terjadi pembekuan darah (thrombus), dan inipun akan menim­bulkan komplikasi. Komplikasi yang pa­ling berbahaya ialah resiko serangan jantung yang menambah beban, atau pembekuan darah di otak atau per­darahan pada otak. Salah satu hat ini boleh terjadi secara mendadak, dan membahayakan jiwa, setidak-tidaknya kesehatannya sangat terganggu. Musk bah di daerah otak dapat mengakibat­kan kematian yang tiba-tiba. Tetapi boleh juga menyebabkan kelumpuhan seluruh atau sebagian tubuh. Jika hat itu terjadi di daerah mata, maka mungkin orang itu akan menjadi rabun atau buta sama sekali.
Pembuluh darah ginjal sangat mudaah terganggu karena tekanan darah yang terus-menerus berubah-ubah. Patologi ginjal dan penyakit ginjal boleh jadi akan timbul dan mengakibatkan kematian.
Sering pembuluh darah retina juga terpengaruh. Pemeriksaan retina akan dapat menunjukkan beratnya dan perkembangannya tekanan darah tinggi. Yang biasa ditemukan ialah "garis-garis berwarna perak." Apabila
Wadi menindih pembuluh darah halus maka akan terjadi penyempitan yang disebut 'nipping' ". Eksudat (bahan yang merembes melalui dinding pem­buluh darah ke dalam jaringan sekitar­nya) adalah komplikasi yang lebih parah, dan sangat membahayakan jika banyak.
Retina adalah satu-satunya tempat di mana pembuluh darah dapat dilihat secara langsung. Dokter menggunakan ophthalmoscope dengan menyorotkan lampu ke lensa matanya sehingga nam­pak sampai di balik matanya, yaitu retina. Lewat lensa inilah dokter dapat melihat pembuluh darah yang kacau di sekitar retina. Ini akan menolong untuk mendiagnosa kelemahan tekanan darah.
Untuk beberapa orang, tekanan darah ini dapat berkembang cepat sekali dan naik sampai tinggi sekali, sehingga melumpuhkan beberapa organ tubuh. Ini disebut malignant hypertension.
Selalu terdapat perbedaan pendapat yang tajam di antara ahli-ahli medis mengenai tekanan darah tinggi. Cakupannya cukup luas.
Namun, sekarang ini sudah diterima secara umum bahwa 140/90 adalah batas normal ke atas, walaupun ada yang berpendapat bahwa batas tersebut adalah 135/85.
Ukuran Yang Normal
Umum beranggapan bahwa kantor-­kantor asuransi jiwa menggunakan ukuran yang paling tepat di dunia. Yang mereka pakai pada tahun-tahun belakangan ini ialah 135/85, dan ini semakin luas pemakaiannya. Perusahaan asuransi jiwa itu adalah perusahaan untuk mencari uang,
Perusahaan asuransi jiwa itu adalah usaha bisnis, dan statistik yang diguna­kan selama bertahun-tahun menggam­barkan bahaya dari tekanan darah yang lebih tinggi. Pendek kata, para lang­ganan yang mengalami tekanan darah yang lebih tinggi lebih cepat mati daripada mereka yang memiliki tekanan darah "normal".
Namun ada banyak tingkatan orang-­orang yang kelihatan sehat. Tekanan darah yang dianggap normal ialah di an­tara 100-140 systolik per 60-90 diastolik. "Yang normal ialah 125/75, dan batas yang tertinggi pada orang dewasa ialah 140/90", kata seorang pakar kenamaan.
Seperti yang telah diterangkan, tekanan systolik itu menunjukkan tekanan darah pada waktu otot jantung menekan darah dari bilik kiri ventrikel ke aorta dan saluran nadi. Tekanan darah diastolik ialah saat otot jantung itu istirahat di antara denyutan-denyutan tersebut. Jadi yang lebih penting diperhatikan ialah diastolik. Jika ini naik terus maka keadaannya semakin parah.
Alat pengukurnya disebut sphygmo­manometer. Ini dapat diukur pada salah satu lengan, dan diukur menurut milimeter air raksa, dituliskan "Mm Hg-. atau lebih sederhana, tekanan ditulis 140/90, atau angka lain.
Para dokter lambat lawn beralih kepada bentuk pencatatan barn B.P.S. Gantinya menggunakan mm, digunakan kilopaskal. Pada masa mendatang akan lebih banyak lagi kita dengar mengenai sistem S.I.
Tekanan darah biasanya naik pada usia lanjut, bilamana elastisitas dinding arteri merosot. Variasi sementara, di an­tara 20 atau 30, biasa terjadi. Sebab situasi dan emosi dan keadaan jasmani. Kegugupan, kegembiraan, kerja keras, lelah, dingin dan merokok cenderung menaikkan angka tersebut. Pada umumnya hal itu tidak seterusnya demikian, dan turun dengan segera. Telah didapati bahwa merokok mem­punyai pengaruh besar jangka panjang terhadap dinding pembuluh darah dan tekanan darah, dan adalah penyebab penting terhadap naiknya tekanan darah.
Apapun yang menimbulkan kete­gangan pembuluh darah dapat menaik­kan tekanan darah, dan nikotin dapat menimbulkan hal ini, menyebabkan penyempitan, dengan demikian meng­halangi arus darah secara normal. Kea­daan ini dapat berpindah ke jantung di mana terjadi masalah jangka panjang.
Gejala-gejalanya. Secara umum, tekanan darah tinggi ringan tidak terasa dan tidak mempunyai tanda-tanda. Boleh jadi berlangsung selama beberapa tahun tanpa disadari oleh orang tersebut. Sering hal itu ketahuan dengan tiba-tiba, misalnya pada waktu mengadakan pemeriksaan kesehatan, atau pada saat mengadakan pemerik­saan untuk asuransi jiwa. iwa. Kadang­kadang tanda-tanda tekanan darah tinggi yang digambarkan itu adalah sakit kepala, pusing, gugup dan palpitasi. Hal-hal ini mungkin juga terjadi karena tekanan tersebut, atau karena kecemas­an yang timbul setelah mengetahui bahwa tekanan darahnya tinggi, atau karena mengetahui adanya di antara leluhurnya penderita penyakit tersebut. Banyak dari antara wanita pada saat menopause merasakan tanda-tanda seperti itu, dan agak sulit mengetahui mana yang disebabkan oleh kurangnya produksi hormon, dan mana yang disebabkan tekanan darah tinggi.
Sebagian orang menderita pusing­pusing pada pagi hari. Rasa pusing tersebut dapat membangunkan si pa­sien dan mungkin agak berat dan tidak surut sepanjang hari. Ini sering terjadi­ pada waktu mabuk ketika mengadakan perjalanan dan muntah-muntah. Ka­dang-kadang dapat diobati dengan obat migrain.
Pada banyak orang, tanda pertama naiknya tekanan darahnya ialah apabila terjadi komplikasi. Tanda yang umum ialah sesak nafas (dyspnoea) pada .waktu kerja keras. Ini menunjukkan bahwa otot jantung itu sudah turut terpengaruh sehingga ienaganya sudah berkurang yang ditandai dengan sesak nafas.
Penglihatan yang kabur menunjuk­kan kerusakan pada pembuluh mata; tiba-tiba gelap atau mata sebelah tidak melihat menunjukkan hal yang sama.
Tanda-tanda pada otak bagian depan bisa juga terjadi. Kematian secara mendadak karena perdarahan atau penyempitan pembuluh darah, atau pandangan kembar, tidak dapat berbicara, kelumpuhan pada ujung­ujung anggota tubuh (seperti sebagian dari muka misalnya) sampai kepada yang bersifat menyebar ke seluruh tubuh, seperempat, atau setengah tubuh jadi lumpuh. Banyak variasinya.
Pada satu saat, jika pembuluh­pembuluh darah otak terpengaruh oleh penyempitan pembuluh darah, lambat lawan kecerdasan otak akan menurun. Bisa pula terjadi deteriorasi seperti dementia. Hal ini akan menjadi-jadi sampai lumpuh betul. Ada banyak tahap-tahap yang mungkin akan terjadi selama masa tersebut.
Pemeriksaan fundi mata akan dapat menyatakan berbagai tingkat yang disebut "hypertensive retinopathy", seperti yang digambarkan tadi. Hasil pemeriksaan pada bagian ini akan dapat memberi tanda akibatnya kemu­dian, dan beratnya keadaan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar